Rabu, 23 Desember 2015

Cara menanam paprika dalam pot

Tanaman paprika memang cukup asing di Indonesia, tapi bukan berarti tidak bisa tumbuh di tanah air. Secara pribadi penilis telah berhasil menanam paprika dalam pot hingga berbuah. Awalnya saya iseng mengisi pot depan rumah dengan benih paprika, setelah seminggung benih tumbuh menjadi tunas baru. Saya biarin saja seerti tanaman pot lain (jarang disiram karena malas) tapi ternyata paprika di halama rumah malah tetap hidup hingga berbunga dan berbuah.
menanam paprika di pot saat berbunga
umur 4 bulan paprika berbunga

menanam paprika dalam pot jelang masak
umur 5 bulan lebih paprika merah jelang masak

Cara menanam parprika yang benar bukanlah seperti yang saya lakukan di atas, tapi harus dengan teknik penyemaian terlebih dahulu, pemindahan ke wadah baru, pemupukan dan penyiraman rutin, serta pemberian zat daun dan buah seminggu sekali. Tapi tanpa teknik tanam yang benar saja paprika di halaman mampu menghasilkan buah, ini artinya bahwa di Indonesia sebenarnya paprika dapat dibudidayakan secara ekonomis. 

video 
video beberapa detik paprika dalam pot depa rumah
Tanaman paprika di pot rumah saya memang termasuk kerdil, buahnya saja  cuma 1 itupun hanya sebesar buah terong pirus, detailnya bisa dilihat di photo dibawah. Walaupun kerdil dan hanya sebiji tapi cukup kerenlah, buktinya setelah dishare ke facebook lumayan banyak yang bertanya-tanya; “bagaimana cara tanamnya”, “beli bibit paprikanya dimana”, “bagi dong bibitnya”, “ada gak jual bibit paprika online?” dan masih banyak pertanyaan lain.

Bibit paprika online tersedia di amazon, tapi kalau tidak punya credit card tentu susah belanja di sana. Untuk itu saya menjual bibit tersebut secara eceran. Adapun yang saya tawarkan secara online adalah bibit paprika  merah, dan hanya itu yang tersedia. Dulunya sih ada paaprika kuning dan hijau tapi semua sudah habis… rencana kedepannya stok semua jenis akan delengkapi.

Harga bibit paprika per gram Rp. 15.000,- belum termasuk ongkos kirim. Saya melayani pembelian dari seluruh Indonesia. Paket bibit akan dikirim dengan menggunakan jasa Pos, JNE atau Tiki sesuai pilihan pemesan. Hubungi nomor 08566048348 untuk informasi pemesanan, nomor tersebut bisa juga untuk wchat dan line. Bila membutuhkan panduan menanam paprika, akan saya kirimkan bersama bibit.

Karena diual secara eceran maka kemasan tidak akan ada merek dagang, tapi saya akan melampirkan merek paprika tersebut beserta jenis daerah tanam yang dianjurkan. Perlu diketahui bahwa paprika di gambar tersebut sebenarnya dianjurkan untuk dataran sedang hingga tinggi, saya sendiri tinggal di dataran rendah tapi tetap saja paprikanya dapat tumbuh dan berbuah bahkan tanpa pemupukan sama sekali. Selain bibit paprika saya juga melayani pesanan bibit cabe dan dan tomat secara eceran, harganya sama yakni Rp. 15.000/ gram. 

Informasi tanya jawab langsung saja di form komentar halaman ini, saya akan menjawab semampunya. Demikian tulisan terkait tanaman paprika di blog bibit eceran, lebih dan kurang mari berdiskusi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar