Senin, 07 September 2015

Jenis-Jenis Hama Tanaman Cabe

Mengenali jenis hama tanaman cabai dapat mengefisienkan penanganan tanaman tersebut ketika terserang hama atau penyakit. Petani sering salah mengidentifikasi jenis penyakit tanaman sehingga penanganannya lambat bahkan mengalami kegagalan. Dalam menangani hama tanaman khususnya cabai kita perlu mengenali penyebab penyakit tersebut, apakah disebabkan oleh serangga, virus, bakteri atau jamur. Berikut ini beberapa nama hama penyakit tanaman cabe yang umum di lapangan:

1. Hama penyakit lalat buah.
lalat buah menyerang cabe dalam potSebenarnya hama lalat buah ini tidak hanya menyerang cabe, sering juga ditemukan pada tanaman tomat, jeruk, mentimun dan lain sebagainya. Lalat buah sangat merugikan pada tanaman cabai, biasanya buah yang diinfeksi oleh hama ini akan rontok. Sangat sulit membebaskan lahan pertanian dari hama ini karena sumber-sumber penyebarannya sangat banyak, selain itu lalat buah mampu terbang jauh dari satu pertanian ke pertanian lain. Telur kepompong lalat buah dapat bertahan lama di dalam tanah, sehingga ketika saat tanam kembali kepompong tersebut tumbuh menjadi lalat baru.

Banyak teknik pengendalian yang dilakukan petani di lapangan, salah satunya adalah dengan lem perangkap lalat (banyak diterapkan di tanaman jeruk). Sebagian petani mengatakan bahwa teknik ini kurang tepat bahkan dapat membahayakan area pertanian, sebab lem tersebut secara sengaja mengundang lalat untuk mendekat. Sampai saat ini belum ada insektisida yang benar-benar ampuh menangani masalah lalat buah pada cabe.

2. Hama trips pada cabe.
hama trips
Biasanya hama ini banyak ditemukan ketika musim kemarau, sangat mudah menyebar. Trips mengakibatkan tanaman cabe menjadi kerdil dan kadang keriting pada daun. Ciri tanaman cabe yang terserang trips; terdapat bercak kuning kecokatan, adanya garis-garis putih pada daun. Hama ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan lading dari rumput liar, penggunaan mulsa juga efektif mencegah serangan trips. Untuk pengendalian dapat menggunakan pestisida khusus untuk membasimi hama trips.

3. Hama kutu daun
Cabe dalam pot juga banyak diserang oleh kutu daun ini, awalnya saya juga heran mengapa cabe di halaman rumah bisa diserang kutu daun. Ternyata kutu daun ini tidak hanya hidup di daun cabe saja, mereka juga senang di tanaman bunga-bungaan. Mengenalinya sangat mudah, bila di pot taanaman cabe sering terlihat banyak semut, bisa dipastikan di tanaman pot tersebut ada kutu daun. Kotoran dari hama kecil-kecil ini manis sehingga dapat mengundang banyak semut.

Cabe yang terkena kutu daun akan menjadi keriting, khususnya dedaunan muda. Lama-lama daun akan keriting keseluruhan, tanaman mengerdil dan akhirnya mati. Untungnya sudah banyak jenis pestisida untuk mengendalikannya. Datang saja ke toko pertanian pasti mereka tahu obat untuk mengendalikan hama ini.

Sebenarnya masih ada beberapa hama tanaman cabe yang sering kita temukan di lapangan, tapi khusus untuk tanaman pot hama tersebut jarang ditemukan sehingga tidak dibahas di halaman ini, contohnya seperti ulat daun/ buah cabe, hama ini hampir tidak akan kita temukan pada tanaman cabe dalam pot, selain itu pengendaliannya juga cukup mudah (buang saja ulatnya/ semprot pestisida), serangan serangga seperti hama belalang rasanya sngat jarang ada pada tanaman dalam pot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar