Sabtu, 22 Agustus 2015

Jenis-Jenis Cabe Dataran Rendah – Tinggi

Menanam cabe secara hidroponik memang mengundang minat, namun banyak diantara kita yang sering salah dalam memilih jenis bibit yang cocok di tanam berdasarkan daerah tempat tinggal kita. Pada dasarnya semua jenis cabe dapat tumbuh di semua jenis ketinggian, namun ada beberapa jenis cabe yang tidak berbuah di dataran rendah dan sebaliknya. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ingin menampilkan beberapa jenis cabe yang tumbuh baik di dataran tinggi dan rendah berdasarkan merek.

Benih cabe cocok di dataran rendah:
  • Bibit cabe merah keriting cap panah merah Laba F1 => varian bibit cabe terbaru dari panah merah yang tumbuh baik di dataran rendah. Tahan terhadap berbagai hama penyakit tanaman yang menyerang buah daun dan batang, hasil panen sekitar 18 ton/ ha atau per pokok kemungkinan 2 Kg/ pokok. Panjang buah standart seperti cabe merah keriting biasa, tinggi poko sedang. Perawatan sama seperti perawatan cabe pada umumnya.
  • Bibit cabe merah keriting Karida F1: juga produksi dari panah merah yang tumbuh da berbuah dengan baik di dataran rendah. Hasil panen sekitar 17 ton/ ha. Harga benih cabe ini sekitar 150/ 10gr (pcs). Mudah didapat di toko-toko pupuk pertanian.
  • Benih Cabe F1 Kiyo diproduksi oleh PT Prabu Agro Mandiri sangat cocok untuk dataran rendah. Cabai merah keriting ini diklaim mampu memproduksi 2,5 kg/ batang. Tahan terhadap hama. Kualitas baik untuk transportasi jarak jauh. Bibit ini dijual dalam kemasan 10 gram (sachet).
  • Cabe merah keriting Andalas, juga cocok untuk dataran rendah hingga tinggi. Hasil produksinya sekitar 1,5 Kg/ tanaman, bisa ditanam di semua musim. Buahnya cukup lentur dengan daya simpan yang cukup lama. Dijual dalam kemasan 10 gr.

Merek bibit cabe merah keriting yang cocok untuk dataran tinggi:
Pada dasarnya hampir semua bibit cabe cocok ditanam di dataran tinggi. Namun demikian berikut ini beberapa merek cabe yang sering ditnam di dataran tinggi:
  • Bibit cabe merah Wibawa F1: Benih ini diproduksi oleh East-West Seed (cap panah merah). Memiliki tekstur buah yang menarik banyak disukai dan dipakai di restoran karena daging buah yang cukup tebal. Sangat cocok ditanam di dataran tinggi dengan produksi sekitar 20 ton /ha. Merupakan varian cabai besar hibrida yang tahan terhadap udara panas, tahan Phythopthora capsici, tanaman vigor, layu bakteri dan kresek.
  • Bibit cabai merah keriting F1 RED SABEL, diproduksi oleh Takii Seed Jepang hanya cocok ditanam di dataran menengah hingga tinggi. Bibit cabai ini banyak ditemukan di toko pupuk sentr-sentra pertanian seperti Berastagi, Bukittinggi dan Padang Panjang. Tahan terhadap beberapa penyakit, masa panennya cenderung lebih cepat dari merek lain yakni 2 sekitar 85 hari sudah bisa panen.
cabe dataran tinggi dalam pot

Semua bibit cabai diatas bisa ditanam secara hidroponik di halaman rumah ataupun dalam skala luas (komersil). Hanya saja bibit biasanya dijual dalam kemasan 10 gram, tentu terlalu banyak bila kita ingin hanya sekedar bercocok tanam di halaman. Oleh karena itu kami hadir dan menjual bibit secara eceran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar